Monday, May 11, 2020

Step by step: Bendera Garland dari Cheater Quilt



Pengaruh Pandemi


Dalam masa karantina, seperti yang dialami banyak bisnis, kami mengalami pula pace yang lebih lambat baik dalam masuknya order maupun penjualan. Kami pikir waktu luang ini bagus digunakan untuk melanjutkan proyek beres-beres perca yang beberapa bulan lalu dimulai namun sempat terhenti. Menghabiskan lebih banyak lagi waktu dirumah, saya(Fili) mulai melirik kembali isi lemari dan sudut-sudut ruangan yang berisi kantong tumpukan perca. Dimulai dengan membuka-buka Pinterest untuk mencari ide, akhirnya diputuskan untuk membuat bendera Garland. Bendera Garland biasanya digunakan untuk dekorasi ruangan dan juga pada acara-acara khusus seperti pesta ulang tahun, dll.
Untuk menghemat waktu, saya putuskan untuk menyatukan potongan perca dengan cara "Cheater Quilt", dimana potongan kain perca ditempel pada kain keras lalu kemudian ditimpah jahitan. Berikut proses pembuatannya:

Material:

  1. Kain perca
  2. Kain keras tipis
  3. Kain belakang dari bahan yang ringan seperti katun, agar garland tidak terlalu berat (Tips: pilih paduan kain dengan warna menarik agar garland dapat digunakan bolak-balik)
  4. Bisban ukuran lebar 1 cm dengan panjang 3 meter
  5. Benang krem/warna netral


Proses 

Potong kain perca ke bentuk persegi, ukuran sesuka hati atau disesuaikan dengan ukuran perca yang ada agar tidak banyak bagian yang terbuang.

Setrika perca ke kain keras, susun semenarik mungkin. (Tips: susun terlebih dahulu kain perca, usahakan pilih kain dengan lebar yang mirip perbarisnya, baru kemudian setrika hingga menempel).


Potong bentuk segitiga ukuran lebar 18 x sisi miring 22 cm, potong sebanyak 10-14 pcs.


Satukan dengan kain belakang, lalu jahit kedua sisi miringnya (seam allowance 1 cm).


Potong sedikit ujung lancipnya, lalu balik.

Quilt setiap garland yang telah dibalik.


Susun 10 hingga 14 pcs bendera, lalu satukan dengan bisban. Sebelum dijahit, pastikan beri jeda kosong dari ujung tali/bisban hingga awal bendera minimal 25 cm.


Selesai, bendera garland siap digunakan.


Sampai jumpa pada posting berikutnya!
(Fili)




2 comments:

  1. Wondering where you got your labels from. Love your work

    ReplyDelete
  2. wondering where you got your labels. Love your work

    ReplyDelete